Rapat Kerja Wilayah III

Semarang 22-23 Maret 2014, Universitas Negri Semarang

Sabtu 22 Maret 2014 rapat kerja wilayah dimulai, bertempat di Aula GSG FIP UNNES seluruh peserta rapat dari UNS, UMS, UMP, UMK, Unnes, Unnisula, IAIN Walisongo, Undip, dan Usahid disambut oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ketua Jurusan Psikologi Universitas Negri semarang.

DSCN0743n

DSCN0701n

Setelah sambutan dari Dekan dan Ketua jurusan Psikologi Unnes, acara dilanjutkan dengan perkenalan dari masing-masing peserta rapat kerja. Salah satu peserta yang hadir berasala dari Universitas Sahid Surakarta yang baru saja bergabung dengan ILMPI khususnya ILMPI wilayah 3. Setelah acara perkenalan dilanjutkan dengan acara hiburan, yaitu penampilan tarian dari DKI Jakarta yang dibawakan oleh salah satu UKM yang ada di Unnes. Tarian tersebut dibawakan sangat indah dan gemulai.

DSCN0722n

DSCN0708nCantik-cantik kan penarinya

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang ILMPI oleh Koordinator Wilayah III yaitu Ka Rendi Septiyanto dari Universitas Muhammadiyah Prwokerto. Materi yang diberikan meliputi dari sejarah singkat dibentuknya ILMPI hingga mukernas yang baru-baru ini dilaksanakan di Makassar tepatnya oleh Universitas 45 Makassar di Benteng Somba Opu. Benteng Somba Opu sendiri merupakan salah satu tempat wisata warga Makassar, kalau di Jakarta Somba Opu ini mirip dengan TMII, yang berisi rumah adat dari suku-suku asli Sulawsi Selatan. Kurang lebih begini tampang ka Rendi saat pemnyampaian materi…

DSCN0723n“Saya Rendi, dari Psikologi Bravo!”

Setelah penyampaian materi oleh Ka Rendi, dilanjutkan dengan penyampaina materi tentang Manajemen Konflik oleh Koordinator Badan Kesekretariatan Wilayah, Ka Meta dari Universitas Diponegoro. Materi ini dibarengi oleh diskusi kelompok tentang sebuha kasus yang diberikan oleh Ka Meta selanjutnya hasil diskusi disampaikan oleh kelompok ke forum. Setiap kelompok wajib menyampaikan hasil diskusi tersebut.

DSCN0731n

Ini Ka Meta saat penyampaian materi

DSCN0734n

Ini kelompok 5 sedang menyampaikan hasil diskusi mereka

Setelah semua kelompok telah menyampaikan hasil diskusinya, acara dilanjutkan dengan ISOMA karena waktu telah mendekati adzan Maghrib saat itu. Seluruh peserta rapat kembali ke wisma masing-masing untuk mandi dan bersiap-siap melanjutkan acara. Sholat dan makan malam dilaksanakan di Masjid dekat Aula GSG FIP dan di Aula GSG FIP. Setelah ISOMA berakhir dan semua peserta kembali siap untuk rapat acara di lanjutkan dengan hiburan yaitu penampilan accoustic oleh salah satu mahasiswa UKM Unnes yang menjadi pengiring dengan gitarnya dan salah satu panitia yang bernyanyi, namun setelah penampilan mereka selesai masih ada penmapilan spesial dari Ka Widya, Koordinator Wilayah III demisioner yang sekarang menjabat sebagai Koordinator BPPM-Nas, yang mebawakan sebuah lagu dari Andien yang berjudul ‘Saat Bahagia’. Semua peserta rapat pun ikut bernyanyi bersama.

DSCN0741nAwalnya malu-malu tapi akhirnya mau juga :p

Hiburanpun selesai saatnya melanjutkan materi yang akna dibawakan oleh Ka Reza dari Universitas Diponegori, Koordinator BPPK-Nas dan Rizky dari Universitas Negri Semarang, Koordinator BPPK-Wil III. Materi ini berisi tentang urgensi RUU Keprofesian Psikologi. Penyampaian materi dibuka oleh Rizky dan isi materinya disampaikan oleh Ka Reza. Setelah Ka Reza selesai menyampaikan materi, dilanjutkan oleh maminya anak-anak Baninfokom-Wil, Ka Nadia dari Universitas Diponegoro. Materinya tidak jauh-jauh dari media dan komunikasi sesuai dengan badan yang dipimpi oleh Ka Nadia.

pageSeperti ini Ka Reza                    Ini Ka Nadia

Rangkaian penyampaina materi selesai, saatnya pelantikkan badan kelengkapan wilayah periode 2014-2015 oleh Koordinator Wilayah yang sudah di lantik saat Mukernas ke IV di Makassar awal Maret lalu. Mulai dari BPO, BPPK, BPPM, BANINFOKOM, BANKEU, dan BANSEK. Setelah pelantikkan Koordinator badan kelengkapan wilayah periode 2014-2015 dilanjutkan dengan pelantikkan staff badan kelengkapan oleh Koordinator Badan kelengkapan periode 2014-2015. Ini dia pengurus harian wilayah periode 2014-2015 ILMPI Wilayah III..

Badan Kelengkapan Wilayah 3Koordinator ki-ka : BPO, BPPK, BPPM, KORWIL, BANINFOKOM, BANKEUWIL, BANSEKWIL, (MC)

Pelantikkan dilanjutkan dengan peresmian bergabungnya Universitas Sahid Surakarta oleh Koordinator Wilayah III dengan pemberian bunga kepada delegasi yang datang. Usahid mengirimkan dua orang delegasi dalam rapat kerja wilayah kali ini.

BjVtmx-CEAAGD97Penyerahan bunga oleh Ka Rendi kepada Delegasi dari Usahid

Setelah acara pelantikkan dilanjutkan dengan rapat Kerja Wilayah yang dipimpin oleh Koordinator Wilayah III sebagai Pimpinan Sidang, Koordinator Badan Keuangan Wilayah sebagai Wakili Pimpinan Sidang,dan Koordinator Badan Kesekretariatan Wilayah sebagai Notulen. Mulai dari pembahasan Musyawarah Pendahuluan ( Manual acara dan Tata Tertib Rakerwil), Musyawarah I (Rapat Komisi), Musyawarah II (Rapat Pleno), Musyawarah III (Rapat Paripurna), dan Musyawarah IV (Keputusan Tambahan). Saat berlangsunganya Musyawarah I berjalan cukup lancar, saat ingin dilanjutkan ke Musyawarah II (Rapat Komisi) ada sedikit perdebatan antara kubu yang ingin sidang di pending hingga besok pagi dan kubu yang ingin sidang dilanjutkan hingga tengah malam. Keputusan akhirpun berupa rapat komisi dilanjutkan malam itu hingga batas tengah malam. Dihari kedua Rapat Kerja, Minggu 23 Maret 2014, rapat dilanjutkan dengan agenda rapat pleno atau penyampaian program kerja yang telah dibuat saat rapat komisi pada malam sebelumnya. Rapat Pleno berjalan lancar dan tertib sehingga dapat dilanjutkan dengan Rapat Paripurna atau pengesahan Program Kerja yang telah disampaikan oleh setiap badan kelengkapan. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan dilanjutkan dengan Keputusan Tambahan yaitu pengajuan tender untuk Rapat Koordinasi pertama, Upgrading outdoor (Makrab) + Rapat Koordinasi kedua, Musyawarah Wilayah, dan Rapat Kerja Wilayah.

Hasil dari tender tersebut :
• Rapat Koordinasi Pertama akan dilaksanakan di Universitas Diponegoro
• Upgrading Outdoor (Makrab) + Rapat Koordinasi Kedua akan dilaksanakan di Universitas Sahid Surakarta
• Musyawarah Wilayah akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto
• Rapat Kerja Wilayah akan dilaksanakan di Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Setalah pengesahan Keputusan Tambahan oleh Koordinator Wilayah, Rapat Kerja ILMPI Wilayah III resmi selesai dan ditutup dengan pemukulan palu sebanyak tiga kali. Tok… tok… tok…

DSCN0828nn

Sebelum kembali ke wisma untuk bersiap-siap untuk pulang para peserta rapat menyempatkan untuk foto bersama..

Foto bareng sudah selesai tapiiiiiii…..
Ternyata Koordinator BANINFOKOM-WIL a.k.a Ka Nadia sedang berulang tahun, tepatnya 23 Maret 2014 dan dapat kejutan dari Ka Rendi berupa donat kue ulang tahun dadakan dan sebuah lilin diatasnya. Selamat Ulang Tahun Ka Nadia :))

DSCN0829nBesaran lilinya daripada kuenya :p

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sekian 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s