Resensi Buku: Pengantar Psikologi Umum

Data Buku Pengantar Psikologi Umum     Buku “Pengantar Psikologi Umum” ini merupakan revisi lanjutan dari buku “Pengantar Psikologi Umum” yang telah diterbitkan pada tahun 1974.

              Psikologi sebagai suatu ilmu, tidak lepas dari segi perkembangan dari psikologi itu sendiri serta ilmu-ilmu yang lain. Psikologi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan dan keadaan zaman. Oleh karena itu, psikologi sebagai suatu ilmu memiliki perkembangan sejarah tersendiri yang idealnya tidak lepas dari berbagai mahzab dan teori dari tokoh-tokohnya.

            “Psychology: as a branch of science, psychology has been defined in various way, according to the particular method of approach adapted or field of study proposed by the individual psychologist” (Drever, 1960 : 227 dalam Walgito, 1980).

            Buku ini mengantarkan Anda dalam mengenal dan mempelajari ilmu psikologi. Di dalamnya dipaparkan dan dikupas secara singkat perkembangan teori, pengertian-pengertian dan persamaan serta perbedaan dalam psikologi.

             Selain itu di dalamnya juga terdapat pemaparan tentang kedudukan ilmu psikologi dalam sistematika ilmu dan ilmu-ilmu lain seperti biologi, sosiologi, filsafat dan ilmu pengetahuan alam, ruang lingkup dan metode-etode dalam psikologi.

             Psikologi umum merupakan psikologi peneliti dan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas psikis manusia yang tercermin dalam perilaku pada umumnya. Psikologi semula tergabung dalam filsafat, sehingga segala sesuatu yang ada dalam filsafat berpengaruh pada bidang psikologi karena pada dasarnya filsafat adalah induk dari segala ilmu. Psikologi memiliki beberapa ruang lingkup, dalam buku ini dijelaskan lingkup psikologi dalam tujuh bidang, antara lain psikologi perkembangan, yaitu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai tua. Psikologi sosial, yaitu membicarakan hubungan aktivitas manusia dengan situasi sosial. Psikologi pendidikan, yaitu membicarakan hubungan kegiatan manusia dengan aktivitas dan situasi pendidikan. Psikologi kepribadian, yaitu menguraikan kepribadian seseorang. Psikopatologi, yaitu psikologi yang khusus menguraikan keadaan psikis yang tidak normal. Psikologi criminal, yaitu yang berhubungan kasus kriminalisasi. Psikologi perusahaan, yaitu psikologi yang berhubungan soal-soal perusahaan.

      Adapun mahzab-mahzab dalam psikologi, yaitu psikologi fungsional, psikologi behaviorisme, Psikologi Gestalt, Psikoanalisis, Psikologi Kognitif dan Psikologi Humanistik. Dalam mempelajari ilmu psikologi, dalam setiap bahasannya tidak lepas dari mahzab-mahzab tersebut di atas. Terdapat pula perkembangan manusia, penggolongan kemampuan mental, aktivitas kejiwaan seperti persepsi, emosi, berpikir sert fantasi. Mempelajari ilmu psikologi juga berarti mempelajari peristiwa-peristiwa kejiwaan. Sejak dulu telah dibicarakan tentang masalah ini oleh Plato, Aristoteles dan para ahli pikir lainnya. Jika manusia melakukan introspeksi terhadap dirinya sendiri , memang dapat dimengerti bahawa dalam dirinya, manusia merasa senang saat melihat sesuatu yang indah, berpikir kalau menghadapi suatu masalah, ingin membeli sesuatu jika membutuhkan barang, semua ini menunjukkan bahwa dalam diri manusia berlangsung kegiatan atau aktivitas kejiawaan. Meskipun kemampuan-kemampuan itu tergolongkan, jiwa manusia merupakan satu kesatuan, suatu kebulatan dan suatu totalitas.

Buku ini akan memudahkan Anda dalam memahami pokok-pokok psikologi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s