Pesta Rakyat Psikologi Menyambut HUT RI ke-70

image

Pesta Rakyat Psikologi adalah serangkaian acara dari pengurus ILMPI Wilayah III untuk ikut menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu-Senin, 16-17 Agustus 2015 di Lapangan Psikologi UNS. Acara ini diikuti oleh pengurus dan demisioner ILMPI Wilayah III, bahkan Sekretaris Jenderal ILMPI juga ikut memeriahkan acara tersebut.

Kemeriahan pesta rakyat psikologi dimulai dari tanggal 16 Agustus ba’da Maghrib dengan latihan upacara bendera untuk esok hari. Kemudian, dilanjutkan dengan briefing bersama Kak Anis (Ketua Rumah Hebat Indonesia). Briefing kita kali ini membahas tentang agenda besok di Rumah Hebat Indonesia bersama adik-adik hebat. Kami juga diberikan tips-tips oleh Kak Anis untuk menghadapi adik-adik. Oh iya, BTW Kak Anis ini juga demisioner ILMPI Nasional lhoo, beliau dulu pernah menjabat sebagai Koordinator Badan Kesekretariatan Nasional.
Perjumpaan dengan kak Anis kali ini selesai sekitar pukul 22.00 WIB, kemudian para peserta bersama-sama membuat bingkisan untuk hadiah adik-adik Rumah Hebat Indonesia (RHI). Para peserta membuat bingkisan sambil bernyanyi-nyanyi bersama. Setelah selesai membuat bingkisan, para peserta mulai masuk ke tenda masing-masing untuk istirahat malam.
17 Agustus 2015, 06:30 WIB para peserta berkumpuldi lapangan basket untuk melaksanakan senam. Peserta senam dulu nih guys, itung-itung pemanasan setelah sekian lama nggak upacara. Nah, peserta bareng-bareng senam poco-poco. Senamnya aja udah Indonesia banget. Setelah senam peserta sarapan bersama di depan tenda, kemudian peserta dipersilakan untuk mck. Peserta berkumpul lagi di lapangan pada pukul 08.30 WIB. Para peserta punya dresscode buat upacara lhoo, peserta maupun petugas menggunakan pakaian berwarna putih.
Setelah gladi sebentar, peserta mulai melaksanakan upacara bendera dalam rangka HUT RI ke-70. Pembina upacara kita kali ini adalah Bang Rendy Septianto, Sekretaris Jenderal ILMPI. Beliau berpesan “mari merdekakan negeri ini dengan mulai memerdekakan orang-orang disekitar kita”.
Setelah upacara selesai para peserta bermain bersama dengan lomba ala tujuh belasan. Di awali dengan permainan yang bernama flip banner, dilanjutkan dengan marbles estafet. Nah untuk marbles estafet ini permainan teman-teman masa kecil di tingkat RT nih, para peserta berlomba untuk mengestafetkan kelereng dengan sendok. Ada lagi permainan yang namanya bopak, bopak kepanjangan dari botol paku. Kemudian ada juga permainan bola basah, nah yang ini para peserta main volly pakai sarung dan bolanya terbuat dari plastik berisi air. Salah satu permainan yang penuh pertahanan, yaitu pendek-pendekan. Apapun deh dilakukan demi menyandang gelar kelompok yang barisannya paling pendek. Permainan terakhir adalah permainan besar bersama, yaitu permainan mengurutkan tanggal lahir dari yang paling muda sampai paling tua tanpa ada suara. Kebetulan, ada juga pengurus yang berulang tahun juga. Namanya Agus Suyono, happy Birthday ya Gus.. 😀 😀
Setelah puas bermain bersama, para peserta langsung membereskan perkemahan dan bersiap untuk ke RHI. Sesampainya di RHI peserta sudah ditunggu oleh adik-adik. Acara di RHI dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan lomba baca puisi dan lomba pidato. Setelah lomba-lomba, dipandu oleh MC dari peserta yaitu, Bunga dan Mahendra, adik-adik berkelompok sesuai kelasnya. Kemudian peserta bergabung dalam kelompok untuk menjadi kakak pemandu. Acara selanjutnya kakak pemandu bermain bersama sambil menceritakan tentang hari kemerdekaan, pahlawan dan apa yang harus dilakukan untuk menjadi orang-orang hebat. Tujuan dari acara ini adalah memberikan pengertian kemerdekaan dalam bentuk nyata. Tidak hanya sekedar sebagai euforia HUT RI, tapi juga menanamkan nilai-nilai dengan harapan nilai-nilai tersebut akan terus tertanam dalam diri anak-anak harapan bangsa.
Acara bermain dalam kelompok selesai satu jam, pada pukul 16.30 WIB para peserta berkumpul lagi di depan RHI dan mengumumkan siapa saja yang menjadi pemenang dari lomba baca puisi dan lomba pidato. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan sesi foto bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s