Resensi Buku Psikologi IndigenousBuku ini merupakan hasil permenungan terhadap penalaman penulis selama mengajar, meneliti dan berinteaksi dengan para mahasiswa maupun rekan psikolog yang bekerja baik sebagai akademisi maupun praktisi.

Perkembangan seseorang merupakan perpaduan dari apa yang dibawanya sejak lahir dan lingkungan dimana Ia dibesarkan. Oleh karena itu pengaruh lingkungan, termasuk budaya, tidak dapat diabaikan dalam memahami perilaku individu. Penelitian tentang hubungan budaya dan perilaku merupakan keniscayaan bagi indonesia yang memiliki sekitar 350 kelompok etnik dengan budaya dan bahasa yang beragam. Sayangnya penelitian sistematis tentang hal ini masih amat terbatas. Semakin meningkatnya dan penelitian telah membuka peluang bagi para peneliti psikologi untuk mempelajari pengruh keragaman budaya terhadap perilaku manusia Indonesia.

Pemahaman peran budaya terhadap perilaku manusia sebagai anggota kelompok etnik tertentu maupun sebagian dari bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan mengguanakan pendekatan psikologi lintas-budaya dan psikologi indigenous.Resensi Buku Psikologi Indigenous

Buku ini memberikan kita informasi serta pengetahuan tentang hubungan budaya dan perilaku, psikologi lintas-budaya, isu metodologi dalam psikologi lintas budaya, psikologi Indigenous, beserta penerapan psikologi indigenous.

Buku sederhana ini diharapkan dapat menggugah hati ilmuwan psikologi Indonesia, khususnya yang muda untuk secara sistematis meneliti peran budaya terhadap perilaku karena hanya dengan dukungan data empiris manusia Indonesia dapat lebih memahami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s