Resensi Buku: Psikologi Eksperimen

Resensi Buku Psikologi EksperimenPenulis menyususun buku ini diharapkan dapat membantu kebutuhan para pembaca khususnya peneliti eksperimen baik dari bidang ilmu psikologi maupun bidang ilmu lainnya untuk menambah pengetahuan akan metode penelitian eksperimental untuk dijadikan sebagai sebagai sumber referensi.

Buku “Psikologi Eksperimen” ini berhasil dicetak berkat dukungan dari berbagai pihak setelah melalui perjalanan cukup panjang. Buku ini dapat tercetak setelah terinspirasi oleh asisten dosen mata pelajaran psikologi eksperimen pada dekade tahun 1980-an yaitu:  Dra. NKE Triwijayati, MA dan Dra. Zara Ambadar. Tulisan ini direvisi dan disempurnakan berkat bimbingan dari asisten dosen dekade tahun 1990-an  yaitu Komala, S.Psi. Buku ini akhirnya berhasil terwujud dan dicetak berkat dorongan dan sambutan baik dari Drs. Masri Sareb putra dari PT. Indeks.

Dalam buku ini terdapat 10 bab yang wajib dibaca untuk menguasai studi eksperimental. Bab I dalam buku ini berisi tentang cara memperoleh pengetahuan, metode ilmiah merupakan metode yang terbaik untuk memperoleh pengetahuan, asumsi yang harus dipenuhi dalam metode ilmiah,  tujuan ilmu pengetahuan, dan bagaimana psikologi sebagai disiplin ilmu pengetahuan mampu menjelaskan tingkah laku manusia.Resensi Buku Psikologi Eksperimen

Pada Bab II pembaca diajak untuk memahami tentang penelitian ilmiah, mempelajari pengelompokan berbagai jenis penelitian dan melihat bagaimana karakteristik penelitian eksperimental, serta membahas tentang kelebihan dan kekurangan penelitian eksperimental. Bab III membahas tentang tahapan-tahapan penelitian eksperimen. Pembaca dipaparkan cara penelitian eksprerimental dalam memilih ide penelitian, menghipotesis penelitian serta variabel penelitian, mendalami berbagai tipe dan desain penelitian, serta diberikan contoh real eksperimen psikologi untuk lebih memahami tahapan-tahapan yang telah dibahas di awal Bab III.

Dalam Bab IV, yang dibahas yaitu validitas dalam penelitian eksperimen, pembaca juga dibuat lebih tahu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi validitas internal, eksternal, dan hubungan validitas internal-eksternal. Kemudian Bab V pembahasannya tentang varian dan kontrol dalam penelitian eksperimen. Pembaca dipaparkan dengan lebih ringkas dan mudah dipahami bahasanya untuk melihat suatu varian dan menentukan kontrol dalam suatu penelitian eksperimen. Bagian keenam mengupas pokok-pokok desain dari penelitian eksperimental. Pada bagian ini penulis hanya mengupas secara singkat karena pada bagian sebelumnya (bagian ketiga) telah dibahas.

Memasuki Bab VI mengupas tentang desain penelitian eksperimen, jenis desain penelitian eksperimen, dan pembagian desain dalam penelitian eksperimental berdasarkan paradigma eksperimental. Jenis-jenis desain penelitian dijabarkan secara terinci pada Bab VII hingga Bab X, sehingga dapat memudahkan pembaca agar dapat mengerti dan mudah dalam membandingkan desain satu dengan lainnya. Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku ini tidak monoton, jadi buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh pemula yang ingin mencari referensi mengenai penelitian eksperimen baik dari bidang ilmu psikologi maupun bidang ilmu lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s