BERBAGI CERIA DI BULAN RAMADHAN

Berbagi Ceria

BERBAGI CERIA DI BULAN RAMADHAN

Marhaban Ya Ramadhan, Alhamdulillah kita telah memasuki bulan yang penuh dengan rahmat, hidayah serta ampunan ini bagi umat islam yang menjalankannya. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam berlomba-lomba mendapatkan pahala. Sedekah di bulan Ramadhan salah satunya dengan cara berbagi makanan untuk berbuka puasa atau sahur. Pada Ramdhan kali ini Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Wilayah III mengadakan acara   Berbagi Ceria.

  Berbagi Ceria merupakan progam kerja dari Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (BPPM). Acara ini diadakan pada hari Kamis,16 Juni 2016.   Bebagi Ceria berlangsung di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyah Cab. Kota Barat yang beralamatkan di Jl. Sam Ratulangi No.34-38 Surakarta. Acara   Berbagi Ceria ini bukan hanya sekedar untuk berbuka bersama, tetapi acara dibuat sesuai dengan pemberian namanya yaitu membuat acara agar teman-teman di panti asuhan merasa ceria dibulan Ramadhan ini.

Sesampainya disana kami disambut teman-teman panti asuhan dengan senyum keceriaan. Kami memulai acara pukul 15.45 dengan dibuka oleh Ade Sintya dan Triana Nur Baity sebagai pemandu acara. Kata peribahasa tak kenal maka tak sayang, maka selanjutnya perkenalan dari teman-teman Panti Asuhan Yatim Putri Aisyah. Selesai perkenalan kami ngabuburit atau menunnggu waktu buka puasa. Ngabuburit kali ini kita mngemasnya dengan cara yang berbeda, yaitu kita isi dengan permainan yang sangat menarik dan membuat suasan asemakin ramai dan ceria. Permainan ini diberinama joget Jiggy Joy. Jadi semua teman-teman panti diharuskan berjoget bersama. Permainan ini bertujuan agar menumbuhkan semangat dan mencairkan suasana sehingga acara dapat berjalan dengan asik dan akrab.

Teman-teman Panti Asuhan Putri Aisyah begitu senang dengan permainan ini, karena pada akhirnya semua tertawa yang sebelumnya masih malu-malu. Kemudian teman-teman menjadi semangat untuk mengikuti acara selanjutnya, yaitu game kreasi sampah. Game ini bertujuan untuk menunjukkan kreativitas dari teman-teman dipanti tersebut. Permainan ini terbagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 orang. Permainan disini teman-teman panti diminta untuk membuat sesuatu yang berguna yang berbahan dasar sampah. Semakin banyak sampah yang digunakan maka kelompok tersebutlah yang akan memenangkan permainan kreativitas ini. Dan pemenang dari permainan ini dimenangkan oleh kelompok 3, karena kelompok 3lah yang berhasil memanfaatkan banyak jenisbahan sampah.

Waktu berbuka puasa telah tiba maka aktivitas dihentikan sejenak untuk berbuka puasa. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah, yang di imami  pimpinan dari Yayasan panti Aisyiyah. Setelah sholat kami makan nasi bersama dari ILMPI sekaligus  pembagian hadiah bagi yang menang dan teman-teman yang berpartisipasi. Acara yang berikutnya penutupan sekaligus berpamitan kepada pengasuh dan teman-teman Panti Asuhan Aisyiyah. Setelah itu adalah sesi foto bersama dan bersalaman satu persatu untuk mengucap salam perpisahan. Semoga dengan acara berbgai rasa berbagi ceria kali ini kita dapat terus membagikan keceriaan untuk teman-teman di sekitar kita. Karena kebahagiaan tidak akan kurang jika dibagi, justru akan bertambah. Selamat menunaikan Ibadah Puasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s